Kamis, 13 Desember 2012

JAWABAN UTS MATA KULIAH PENGEMBANGAN SUMBER BELAJAR

UNIVERSITAS ISLAM ASYAFI'IYAH  JAKARTA
PASCA SARJANA PROGRAM TEKNOLOGI PENDIDIKAN
UJIAN TENGAH SEMESTER
Nama          : Eneng Novaliah Haris
NIM            : 5520110120
SOAL UJIAN TENGAH SEMESTER

1. Jelaskan Pengertian sumber belajar yang dikutip, menurut 5 pendapat para ahli, kemudian dikemas menjadi pendapat sendiri.
2. Jelaskan perbedaan Sumber Belajar dengan Bahan ajar dan uraikan beserta contohnya.
3. Secara skematik prosedur merancang sumber belajar mengikuti langkah sebagai berikut :
sumber belajar1
Jelaskan ke-6 langkah tersebut?

4. Buatlah Rencana Pembelajaran / RPP dalam persiapan mengajar saudara dalam kelas, yang disesuaikan dengan kondisi kelas, letak geografis, keterbatasan sarana dan lain-lain, dengan melibatkan sumber belajar secara optimal?
5. Jika saudara menjadi pemangku kebijakan dibidang pendidikan di kabupaten Sukabumi, Program apakah yang akan saudara lakukan terkait dengan peningkatan kualitas pendidikan yang berorientasi pada engembangan sumber belajar?

JAWABAN UJIAN TENGAH SEMESTER

1.      Pengertian Sumber belajar Menurut Para Ahli

1. Menurut Wina Sanjaya bahwa sumber belajar adalah segala sesuatu yang ada di sekitar lingkungan kegiatan belajar yang secara fungsional dapat digunakan untuk membantu optimalisasi hasil belajar. Optimalisasi hasil belajar ini dapat dilihat tidak hanya dari hasil belajar (output) namun juga dilihat dari proses berupa interaksi siswa dengan berbagai macam sumber belajar yang dapat merangsang siswa untuk belajar dan mempercepat pemahaman dan penguasaan dibidang ilmu yang dipelajarinya.
2. Barbara B. Seels dan Rita C. Richey, dalam buku Tenologi Pembelajaran, definisi dan Kawasannya mengatakan bahwa yang dimaksud dengan sumber ialah asal yang mendukung terjadinya belajar, termasuk system pelayanan, bahan pembelajaran dan lingkungan. Sumber belajar tidak hanya terbatas pada bahan dan alat yang digunakan dalam proses belajar pembelajaran, melainkan juga tenaga, biaya dan fasilitas. Sumber belajar mencakup apa saja yang yang dapat digunakan untuk membantu tiap orang untuk belajar dan menampilkan kompetensinya.
3. AECT (Association for Education and Communication Technology) menyatakan bahwa sumber belajar (learning resources) adalah semua sumber baik berupa data, orang dan wujud tertentu yang dapat digunakan oleh siswa dalam belajar, baik secara terpisah maupun secara terkombinasi sehingga mempermudah siswa dalam mencapai tujuan belajar atau mencapai kompetensi tertentu. Sumber belajar adalah bahan-bahan yang dimanfaatkan dan diperlukan dalam proses pembelajaran, yang dapat berupa buku teks, media cetak, media elektronik, narasumber, lingkungan sekitar, dan sebagainya yang dapat meningkatkan kadar keaktifan dalam proses pembelajaran.
4. Menurut Abdul Majid, dalam bukunya Perencanaan Pembelajaran, sumber belajar diartikan segala tempat atau lingkungan sekitar, benda dan orang yang mengandung informasi dapat digunakan sebagai wahana bagi peserta didik untuk melakukan proses perubahan tingkah laku.
 5. Sudjana (Suratno, 2008), menuliskan bahwa pengertian Sumber Belajar bisa diartikan secara sempit dan secara luas. Pengertian secara sempit diarahakan pada bahan-bahan cetak. Sedangkan secara luas tidak lain adalah daya yang bisa dimanfaatkan guna kepentingan proses belajar mengajar, baik secara langsung maupun tidak langsung.
        
Definisi sendiri:
            Sumber belajar adalah segala sesuatu yang tersedia di sekitar lingkungan belajar yang berfungsi untuk membantu optimalisasi hasil belajar. Optimalisasi hasil belajar ini dapat dilihat tidak hanya dari hasil belajar saja, namun juga dilihat dari proses pembelajaran yang berupa interaksi siswa dengan berbagai sumber belajar yang dapat memberikan rangsangan untuk belajar dan mempercepat pemahaman dan penguasaan bidang ilmu yang dipelajari.

                 
Belajar-mengajar sebagai suatu proses, merupakan suatu sistem yang tidak terlepas dari komponen-komponen lain yang saling berinteraksi didalamnya. Salah satu komponen dalam proses tersebut adalah sumber belajar. Sumber belajar itu tidak lain adalah daya yang bisa dimanfaatkan guna kepentingan proses belajr-mengajar, baik secara langsung atau tidak langsung, sebagian atau keseluruhan.
         

2.  Apakah Perbedaan Sumber Belajar dan Bahan Ajar berikut contohnya?
  • Sumber belajar  (learning resource), umumnya yang diketahui hanya perpustakaan dan buku sebagai sumber belajar. Padahal secara tidak terasa apa yang mereka gunakan dan benda tertentu adalah termasuk sumber belajar.
·         Sebagai contoh Sumber belajar ditetapkan sebagai informasi yang disajikan dan disimpan dalam berbagai bentuk media, yang dapat membantu siswa dalam belajar sebagai perwujudan dari kurikulum. Bentuknya tidak terbatas apakah dalam bentuk cetakan, video, format perangkat lunak atau kombinasi dari berbagai format yang dapat digunakan oleh siswa ataupun guru.Dengan demikian makasumber belajar juga diartikan sebagai segala tempat atau lingkungan sekitar, benda dan orang yang mengandung informasi dapat digunakan sebagai wahana bagi peserta didik untuk melakukan proses perubahan tingkah laku
  • Bahan Ajar merupakan bagian dari sumber belajar. Bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru atau instruktur dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Bahan yang dimaksud bisa berupa bahan tertulis maupun bahan tidak tertulis. Bahan ajar atau  teaching- material, terdiri atas dua kata yaitu teach ing atau mengajar dan material atau bahan.
·            Contoh Bahan Ajar (a). Pedoman bagi Guru yang akan mengarahkan semua aktivitasnya dalam proses pembelajaran, sekaligus merupakan substansi kompetensi yang seharusnya diajarkan kepada siswa. (b). Pedoman bagi Siswa yang akan mengarahkan semua aktivitasnya dalam proses pembelajaran, sekaligus merupakan substansi kompetensi yang seharusnya dipelajari atau dikuasainya.  

Perbedaan Sumber Belajar dan Bahan Ajar :
Sumber Belajar
Bahan Ajar
1.   Pengertian : Sumber belajar adalah segala sesuatu yang dapat dimanfaatkan atau digunakan seseorang untuk memfasilitasi segala kegiatan belajar, baik itu secara terpisah maupun secara terkombinasi agar dapat mempermudah seseorang dalam mencapai tujuan belajar yang diinginkan.
1.   Pengertian :   Bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru/instruktur dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Bahan yang dimaksud bisa berupa bahan tertulis maupun bahan tidak tertulis.Bahan ajar merupakan bagian dari sumber belajar.
2.   Klasifikasi :
a.   Tempat atau lingkungan alam sekitar yaitu dimana saja seseorang dapat melakukan belajar atau proses perubahan tingkah laku.  misalnya perpustakaan, pasar, museum, sungai, gunung, tempat pembuangan sampah, kolam ikan dan lain sebagainya.
b.   Benda yaitu segala benda yang memungkinkan terjadinya perubahan tingkah laku bagi peserta didik, Misalnya situs, candi dan benda peninggalan lainnya.
c.   Orang yaitu siapa saja yang memiliki keahlian tertentu di mana peserta didik dapat belajar sesuatu, misalnya guru, ahli geologi, polisi, dan ahli-ahli lainnya.
d.   Bahan yaitu segala sesuatu yang berupa teks tertulis, cetak, rekaman elektronik, web, dll yang dapat digunakan untuk belajar.
e.   Buku yaitu segala macam buku yang dapat dibaca secara mandiri oleh peserta didik, misalnya buku pelajaran, buku teks, kamus, ensiklopedi, fiksi dan lain sebagainya.
f.    Peristiwa dan fakta yang sedang terjadi, misalnya peristiwa kerusuhan, peristiwa bencana, dan peristiwa lainnya yang guru dapat menjadikan peristiwa atau fakta sebagai sumber belajar.
2.   Klasifikasi :
a. Media tulis,
b. Audio visual, elektronik
c.Interaktif terintegrasi yang    kemudian disebut sebagai medienverbund (bahasa jerman yang berarti media terintegrasi) atau mediamix.
Sedangkan Bernd Weidenmann, 1994 dalam buku Lernen mit Bildmedien mengelompokkan menjadi tiga besar,
1. Auditiv yang menyangkut radio (Rundfunk),kaset (Tonkassette), piringan hitam (Schallplatte).
2. Visual (visuell) yang menyangkut Flipchart, gambar (Wandbild), film bisu (Stummfilm), video bisu (Stummvideo), program komputer (Computer-Lernprogramm), bahan tertulis dengan dan tanpa gambar (Lerntext, mit und ohne Abbildung).
     3. Audio visual (audiovisuell) yang menyangkut berbicara dengan gambar (Rede mit Bild), pertunjukan suara dan gambar (Tonbildschau),dan film/video.

3. Penjelasan Prosedur Merancang Sumber Belajar

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj8s_B9BBrfM440ZoSAWHw1FfNrYNckqJiVKHcGg2AL0mCvDPbov-d_uvZmtVwdEuLtjtun28S_sEfAIwnaSBMUCKD3czy_HWjjjWJKEjo_Ox4xqqgaBH-7P0Wt59wqC-xFmxQRFtGuKFLM/s320/Picture1.jpg

Prosedur Merancang Sumber Belajar Meliputi Langkah-langkah Sebagai Berikut :

·      Langkah Pertama: Mempelajari Kurikulum.
Sebelum guru menentukan sumber belajar yang akan digunakan, terlebih dahulu guru harus mempelajari silabus yang terdapat di dalam kurikulum mata pelajaran. Dalam silabus tersebut telah disebutkan standar kompetensi, kompetensi dasar, pokok bahasan materi pelajaran, kegiatan belajar yang akan dilakukan dalam rangka mencapai standar kompetensi dan kompetensi dasar, alat evaluasi, sumber belajar berupa buku teks dan alokasi waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan  suatu pokok bahasan.

·      Langkah Kedua: Menetapkan kompetensi siswa yang hendak dicapai.
Kompetensi siswa yang hendak dicapai berupa kompetensi dasar dirumuskan dalam bentuk  indikator-indikator yang dijadikan tolok ukur bagi pencapaian kompetensi dasar tersebut. Berdasar indikator-indikator ini dirumuskan tujuan pembelajaran yang hendak dicapai dalam kegiatan belajar mengajar setelah guru menyelesaiakn pembelajaran dalam satu kali atau beberapa kali pertemuan.

·      Langkah Ketiga: Memilih dan Menentukan Materi yang akan disajikan.
Setelah guru menentukan kompetensi dasar dan merumuskan tujuan pembelajaran yang akan dicapai berdasarkan indikator-indikator yang dijabarkan dari kompetensi dasar, maka langkah selanjutnya guru memilih materi pelajaran yang akan disajikan berdasarkan tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan. Materi pelajaran tersebut disusun berdasarkan hierarkis tujuan pembelajaran yang dirumuskan oleh guru, dimulai dari level yang mudah sampai pada level yang sukar.

·      Langkah Keempat : Memilih dan Menentukan Jenis dan Sumber Belajar.
Berdasarkan tujuan pembelajaran tersebut maka guru menentukan kegiatan belajar mengajar dan jenis serta sumber belajar yang akan digunakan dalam rangka untuk mencapai tujuan pembelajaran tersebut.

·      Langkah Kelima : Mengembangkan Sumber Belajar. Selanjutnya guru  melaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan jenis dan sumber belajar yang telah ditentukan dengan menggunakan berbagai metode yang dianggap relevan dengan tujuan yang akan dicapai.

·      Langkah keenam :  Mengevaluasi Sumber Belajar.
Evaluasi sumber belajar adalah penilaian yang dilakukan guru terhadap pelaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan  jenis dan sumber belajar yang telah ditentukan, Dilakukan untuk mengetahui apakah kegiatan belajar mengajar yang dilaksanakan dengan menggunakan jenis dan sumber belajar itu berhasil dengan baik.

4. Buatlah Rencana Pembelajaran / RPP dalam persiapan mengajar saudara dalam kelas


al-izzah_1RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                       : Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Al Izzah Serang
Pelajaran                    : Bahasa Indonesia, IPS,  Matematika
Tema                          : Kegiatan Sehari- hari
Hari / Minggu Ke      : Senin/ 1 (Satu)               
Kelas/ Semester         : 2 (Dua) / I
Alokasi Waktu           : 5 X 35 Menit/ 1 Pertemuan

STANDAR KOMPETENSI:
·         2.  Mengungkapkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara  
                   lisan melalui kegiatan bertanya, bercerita dan deklamasi (berbicara)

·         1. Memahami peristiwa penting dalam keluarga  secara kronologis

·      1. Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai  500
                                 
KOMPETENSI DASAR :
v  2.2  Menceritakan kegiatan sehari- hari dengan bahasa yang  mudah  dipahami orang lain
v  1.2  Memanfaatkan dokumen dan benda penting keluarga sebagai sumber cerita
v 1.4 Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan  sampai  500 
INDIKATOR :
ü  2.2.1  Menceritakan kegiatan sehari- hari dalam keluarga
ü  1.2.1  Menulis benda- benda yang digunakan sehari- hari
ü  1.4.4  Melakukan operasi campuran untuk memecahkan soal cerita
INDIKATOR KARAKTER BANGSA :
Karakter siswa yang diharapkan adalah: Disiplin , Kreatif
§  TUJUAN PEMBELAJARAN:
Setelah mempelajari materi ini siswa dapat:
ü  Menceritakan kegiatan sehari- hari dalam keluarga sebagai pembiasaan hidup disiplin.
ü  Berpikir kreatif  menuliskan benda- benda yang digunakan sehari- hari.
ü  Berpikir kreatif memecahkan soal cerita yang mengandung penjumlahan dan pengurangan.

§  MATERI PEMBELAJARAN:
a.      Menceritakan Kegiatan sehari-hari

Kegiatan Keluargaku
Aku tinggal bersama Ayah, Ibu dan Adik.
Ayah bekerja di kantor.
Ibuku seorang ibu rumah tangga.
Tiap pagi, Ibu menyiapkan sarapan.
Ibu menyiapkan keperluan kami.
Sebelum berangkat sekolah aku sarapan.
Setelah itu aku menggosok gigi.
Aku pamit kepada Ayah dan Ibu sebelum berangkat sekolah.

b.      Menuliskan benda- benda yang digunakan sehari- hari dan kegunaannya
No
Nama Benda
Kegunaannya
1.
Buku tulis
Untuk menulis
2.
Kertas dan pensil gambar
Untuk menggambar
3.
Penghapus pensil
Untuk menghapus goresan yang salah
4.
Krayon
Untuk mewarnai
5.
Tas
Untuk menyimpan alat-alat sekolah

c.       Melakukan operasi campuran untuk memecahkan soal cerita
Contoh:
1.    Ibu sedang membuat kue bersama Bibi.
Ibu membuat 37 kue.
Bibi membuat 42 kue.
Berapa jumlah kue yang dibuat Ibu dan Bibi?
Jawab:
Jumlah kue yang dibuat Ibu dan Bibi = 37+ 42= 79 kue

2. Pesta ulang tahun Didi dihadiri oleh 147 anak.
126 anak memakai topi ulang tahun.
Berapa anak yang tidak memakai topi ulang tahun?
Jawab:
Banyak anak yang tidak menggunakan topi ulang tahun adalah
= 147- 126 = 21 anak
§  Badu dan Didi sedang memetik buah jambu.
Badu memetik 146 jambu.
Didi memetik 133 jambu.
Sebanyak 54 jambu diberikan kepada Tono.
Tinggal berapa siswa jambu Didi dan Badu sekarang?
Jawab:
Sisa jambu Didi dan Badu sekarang
= 146 + 133 – 54
= 279 – 54
= 225 buah

§  MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN:
a.   Model    : Dril
b.  Metode  : Ceramah interaktif, tanya jawab, demonstrasi, bercerita, penugasan


§  LANGKAH- LANGKAH PEMBELAJARAN (175 Menit)
A.    Kegiatan Awal (30 Menit)
Motivasi : Yel-yel, bernyanyi “pagi hari”, “bangun tidur”, “senam ayam”, “satu ditambah satu”
Apersepsi:
a.    Siapa yang tadi pagi bangun pukul 05.00 WIB, langsung membereskan tempat tidur, kemudian mandi, berwudhu, shalat subuh, belajar, sarapan, pamit kepada orangtua?
b.    Coba Ibu Guru ingin tahu apa saja yang ada di dalam tasmu ? dalam hitungan ketiga benda- benda yang ada di dalam tas sudah di keluarkan semua isinya dan sebutkan nama- nama benda yang ada di dalam tasmu
c.     Ayo kita berhitung berapa jumlah siswa seluruhnya di kelas kita, setelah itu kalian hitung jumlah siswa akhwat berapa dan siswa ikhwan berapa?, Selajutnya dengarkan baik- baik pertanyaan dari Bu Guru :
 Siswa kelas 2 Miqdad berjumlah 34 orang. Siswa ikhwan ada 20 0rang. Berapa jumlah siswa akhwat?
Jawab: Banyak Siswa akhwat = 34 - 20 = 14 siswa

B.     Kegiataan Inti :
a.      Eksplorasi (60 Menit)
Dalam kegiatan eksplorasi,  guru:
1)      Menjelaskan tema tentang kegiatan sehari- hari.
2)      Memberi contoh kegiatan sehari- hari.
3)      Bercerita tentang kegiatan sehari- hari dari mulai bangun tidur sampai tidu kembali.
4)      Menempel secara acak gambar tentang kegiatan sehari- hari.
5)      Menyebutkan benda-benda yang biasa digunakan sehari-hari di sekolah.
6)      Menunjukkan contoh  benda- benda yang digunakan sehari- hari.
7)      Menyebutkan manfaat  dari benda- benda yang digunakan dalam kegiatan sehari- hari.
8)      Memberi contoh dengan memecahkan masalah soal cerita tentang operasi campuran  melalui kegiatan sehari- hari.
9)      Menunjuk siswa secara heterogen untuk mengerjakan latihan soal yang ada di papan tulis secara bergantian

b.      Elaborasi: (70 Menit)
Dalam kegiatan elaborasi, guru meminta siswa:
1)      Bercerita di depan kelas secara individu tentang kegiatan sehari- hari yang  dimulai dari kegiatan bangun tidur sampai tidur kembali.
2)      Menyimak cerita kegiatan sehari- hari teman sekelas secara seksama, kemudian teman yang membaca cerita tadi memberikan pertanyaan kepada teman- teman yang menyimak.
3)      Menyusun gambar di papan tulis  yang sudah diacak oleh guru, menjadi sebuah gambar yang benar dan rapi yang menunjukkan kegiatan sehari hari
4)      Menyebutkan nama benda- benda yang digunakan ke sekolah
5)      Menunjukkan benda- benda yang di bawa ke sekolah yang ada di dalam tas
6)      Menyebutkan nama- nama benda- benda yang di bawa dan menuliskan manfaat dari benda- benda yang biasa digunakan sehari- hari untuk belajar tersebut di papan tulis secara bergantian
7)      Secara bergantian maju ke depan kelas mengerjakan tugas dari guru.

c.       Konfirmasi: (20 Menit)
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
Ø  Mengapresiasi setiap hasil kerja siswa
Ø  Memberi penguatan positif  terhadap psikologi siswa dan tugas yang diberikan
Ø   Bertanya jawab dengan siswa tentang materi atau hal- hal  yang belum dikuasai siswa
Ø  Meluruskan kesalahpahaman tentang konsep siswa yang masih keliru yang berkaitan dengan materi yang diajarkan
Ø  Memberikan imtaq yang berkaitan dengan materi yang diajarkan yaitu: 
Ø  Q.S 17: 12, yang artinya: Dan Kami jadikan malam dan siang sebagai dua tanda (kebesaran Kami), kemudian Kami hapuskan tanda malam dan Kami jadikan tanda siang itu terang benderang, agar kamu dapat mencari karunia dari Tuhanmu, agar kamu mengetahui bilangan tahun dan perhitungan waktu . Dan segala sesuatu telah Kami terangkan dengan jelas.(Q.S Al Isra : 17)
Ø  Q.S 30: 20 , yang artinya: Dan di antara tanda- tanda kekuasaan Nya ialah Dia menciptakan kamu dari tanah, kemudian tiba-tiba kamu (menjadi) manusia yang berkembang biak. (Q.S Ar Rum: 20)
C.    Kegiatan Akhir (20 Menit)
Dalam kegiatan akhir atau penutup, guru:
Ø  Bersama siswa menyimpulkan materi yang sudah dipelajari yaitu tentang kegiatan sehari hari, benda- benda yang digunkan sehari- hari dan operasi campuran.
Ø  Siswa ditugaskan menulis 5 benda- benda di rumah yang digunakan dalam kegiatan sehari- hari serta manfaat dari benda tersebut.

§  ALAT/ BAHAN DAN SUMBER BELAJAR
a. Alat: Papan tulis, spidol, penghapus, kartu angka, buku, pensil, krayon.
b. Sumber Belajar:
 - Guru,
 -Siswa
 - Buku Paket Tematik Kelas 2
* Karli, Hilda dan Margaretha Sri Yuliariatiningsih, Panduan Tematik SD untuk Kela II   Semester 1 2A, Erlangga, Jakarta, 2007, hlm. 104 - 110
7. PENILAIAN
a. Nilai Budaya dan Karakter Bangsa
Ø  Kreatif , yaitu: Berpikir dan melakukan sesuatu untuk menghasilkan cara atau hasil baru dari sesuatu yang telah dimiliki
Ø  Disiplin, yaitu: Tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan
b. Indikator Pencapaian Kompetensi
ü  2.2.1  Menceritakan kegiatan sehari- hari dalam keluarga
ü  1.2.1  Menulis benda- benda yang digunakan sehari- hari
ü  1.4.4  Melakukan operasi campuran untuk memecahkan soal cerita

c. Teknik Penilaian          : Lisan dan tulisan
d. Bentuk Instrumen        : Isian dan Essay

e. Contoh Instrumen        1:
1) Coba kalian ceitakan kegiatan sehari- harimu di depan  kelas secara bergantian !
2) Tuliskan 5 benda- benda yang digunakan sehari- hari dan sebutkan pula manfaatnya !
3) Mula- mula Nisa memiliki koleksi boneka sebanyak 255. Nisa memberikan 100 boneka ke Panti Asuhan. Berapa boneka Nisa yang masih tersisa?....
4) Mula- mula ada 342 anak bermain layang- layang di lapangan. Kemudian datang lagi 142 anak. Berapa anak yang ada di lapangan seluruhnya?
5) Tika dan Uun bekerja sama untuk membuat 465 kupu-kupu kertas. Tika sudah berhasil membuat 65 kupu-kupu kertas. Uun  sudah berhasil membuat 100 kupu-kupu kertas. Berapa banyak kupu- kupu kertas lagi yang harus mereka buat?....
6) Mula- mula ada 332 orang memancing di Danau. Pada siang hari, sebanyak 212 pulang. Beberapa saat kemudian, ada yang datang 220 orang. Berapa banyak orang yang memancing di danau sekarang?....


f. Kunci Jawaban
1) Kegiatan Keluargaku
Aku tinggal bersama Ayah, Ibu dan Adik.
Ayah bekerja di kantor.
Ibuku seorang ibu rumah tangga.
Tiap pagi, Ibu menyiapkan sarapan.
Ibu menyiapkan keperluan kami.
Sebelum berangkat sekolah aku sarapan.
Setelah itu aku menggosok gigi.
Aku pamit kepada Ayah dan Ibu sebelum berangkat sekolah.

2)      Menuliskan benda- benda yang digunakan sehari- hari dan kegunaannya
No
Nama Benda
Kegunaannya
1.
Buku tulis
Untuk menulis
2.
Kertas dan pensil gambar
Untuk menggambar
3.
Penghapus pensil
Untuk menghapus goresan yang salah
4.
Krayon
Untuk mewarnai
5.
Tas
Untuk menyimpan alat-alat sekolah
3)      Jawab: Sisa boneka Nisa   = 255- 100 = 55 boneka
4)      Jawab : Banyak anak di lapangan
= 342 + 142
= 484 anak
5) Jawab : Banyak kupu- kupu yang harus dibuat
= 465- 65- 100
= 400 - 100
= 300 kupu-kupu kertas
6)                  Jawab: Banyak orang yang memacing di Danau
= 332 – 212 + 220
= 120 + 220
= 340
g. Rubrik Penilaian
  a) Dengan memperhatikan intonasi, mimik, isi cerita, irama suara, keberanian untuk tampil di depan kelas,  maka nilai tertinggi un tuk bercerita adalah 90 , selanjutnya kebijakan guru 85, 80, 75, 70. ( Terendah diberikan nilal KKM)
b) Soal yang berbentuk Essay ( Jumlah skor: jumlah skor maksimal ) X 10
Keterangan: Untuk siswa yang belum memenuhi syarat penilaian KKM, maka diberikan remedial
                                                                                    Serang, 14 Desember 2012
Mengetahui
   Kepala Sekolah                                                     Guru yang Membuat



Hj. Dahlia Kemalasari, S.Pd                    Eneng Novalia Haris, S.Pd.I


5. Jika saya menjadi pemangku kebijakan dibidang pendidikan di kabupaten Sukabumi, program yang akan saya lakukan terkait dengan peningkatan kualitas pendidikan yang berorientasi pada pengembangan sumber belajar adalah :

a.       Program Pendataan : melakukan pendataan tentang potensi daerah yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar di setiap wilayah di Kabupaten Sukabumi

b.      Program Kemitraan : mengajak seluruh elemen yang terkait langsung dalam proses pemanfaatan sumber belajar untuk memberikan dukungan apabila sumber belajar yang ada akan dimanfaatkan dalam KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) baik yang ada di dalam Kabupaten Sukabumi maupun di luar Kabupaten Sukabumi yang terkait dengan keberadaan suatu sumber belajar.


c.       Program Pelatihan dan Pembinaan Guru : memberikan pelatihan dan pembinaan kepada guru terkait pemanfaatan sumber  belajar di daerah Sukabumi agar guru mengetahuinya dan punya kesadaran untuk memanfaatkannya dalam KBM.

d.      Program Pengawasan : memberikan penugasan kepada setiap kepala UPTD Pendidikan Kecamatan, para pengawas sekolah, dan kepala sekolah agar turut mengawasi dan mengevaluasi pemanfaatan sumber belajar oleh guru dan pelaksanaan program kemitraan.
Diposkan



               



Tidak ada komentar:

Posting Komentar